Minggu, September 09, 2012

Hakikat Demokrasi Indonesia [Pustakapedia.com]

Posted by: Intan Nurianti
Berbagi Ilmu, Updated at: Minggu, September 09, 2012

APA makna demokrasi yang sebenarnya? Sekalipun hampir setiap orang mengatakan kata demokrasi, khususnya setelah lahirnya era reformasi, kata demokrasi masih banyak disalahartikan. Sejak lengsernya Orde Baru di tahun 1998, demokrasi menjadi kosakata umum bagi siapa saja yang hendak menyatakan pendapat. Dari kalangan cendekiawan hingga kalangan awam menggunakan demokrasi dengan pengertian masing-masing.



Berbeda dengan masa lalu, demokrasi kini sudah menjadi milik semua orang dengan pemahaman yang berbeda. Seperti halnya agama, demokrasi banyak digunakan dan diungkapkan dalam perbincangan seharihari, tetapi banyak juga disalahpahami bahkan acap kali ia dikontraskan dengan agama, padahal prinsipprinsip moral agama dapat bertemu dengan nilai nilai demokrasi.

Secara etimologis “demokrasi” terdiri dari dua kata Yunani, yaitu demos, yang berarti rakyat atau penduduk suatu tempat, dan cratein atau cratos, yang berarti kekuasaan atau kedaulatan.

Gabungan dua kata demoscratein atau demoscra tos (demokrasi) memiliki arti suatu sistem pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat. Sedangkan pengertian demokrasi secara terminologi adalah seperti yang dinyatakan oleh para ahli tentang demokrasi: (a) Joseph A. Schmeter mengatakan, demokrasi merupakan suatu perencanaan institusional untuk mencapai keputu san politik di mana individuindividu memperoleh kekuasaan untuk memutuskan cara perjuangan kompetitif atas suara rakyat; (b) Sidney Hook berpendapat, demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana keputusankeputusan pemerintah yang langsung didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa; (c) Philippe C. Schmitter menyatakan, demokrasi sebagai suatu sistem pemerintahan di mana pemerintah dimintai tanggung jawab atas tindakantindakan mereka di wilayah publik oleh warga negara, yang bertindak secara tidak langsung melalui kompetisi dan keija sama dengan para wakil mereka yang telah terpilih; dan (d) Henry B. Mayo menyatakan, demokrasi sebagai sistem politik merupakan suatu sistem yang menunjukkan bahwa kebijakan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakilwakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihanpemilih berkala yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana terjaminnya kebebasan politik.,,,,,,...
dikutip dari : http://www.pustakapedia.com/2012/09/hakikat-demokrasi-indonesia.html




FULL PAGE

Download Here
Penyunting: " A. Ubaedillah dan Abdul Rozak "

Download materi selengkapnya melalui link disamping, bila anda kesulitan dalam mendownload Click Here



Author

Hakikat Demokrasi Indonesia [Pustakapedia.com]
Posted by Intan Nurianti For : Infoduniaini , Updated at: Minggu, September 09, 2012
Isi Blog ini merupakan referensi dari banyak sumber, sengaja dishare agar pengetahuan kita bertambah.

Description: Hakikat Demokrasi Indonesia [Pustakapedia.com] Rating: 4.5 Reviewer: 19 Review Item Reviewed: Hakikat Demokrasi Indonesia [Pustakapedia.com]

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Apa pendapatmu mengenai ini?

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sub Download Sub II | Download On Android - Premium Blogger Themes | Facebook Themes