Jumat, September 07, 2012

Bahaya Toilet ditempat umum

Posted by: Intan Nurianti
Berbagi Ilmu, Updated at: Jumat, September 07, 2012


Persiapan Hari Raya ternyata bukan sekadar makan sehat. Kebersihan organ intim juga sangat perlu diperhatikan. Menjelang Hari Raya, banyak sekali persiapan yang dilakukan ; terutama bagi yang akan melakukan perjalanan jauh melalui darat, bisa menggunakan mobil, bus, atau kereta api.
Saat tengah asyik di kendaraan; pasti suatu saat Anda ingin buang air kecil (BAK) maupun buang air besar (BAB). 
Sudah pasti toilet umum yang Anda cari, entah di SPBU atau rumah makan. Namanya toilet umum, sudah pasti digunakan oleh ribuan orang tanpa kita tahu latar belakangnya. Meski terlihat bersih, belum tentu tidak berpotensi menularkan penyakit.
Sebuah penelitian menemukan setidaknya 21 jenis bakteri dan 2 jenis jamur di area toilet umum. 
Keberadaan kuman jangan dianggap sepele karena dapat mengganggu kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan yang mungkin bisa timbul akibat penggunaan toilet secara sembarangan dan gangguan tersebut biasanya lebih banyak diderita oleh kaum perempuan. 
Penggunaan toilet yang kurang bersih ternyata dapat memicu timbulnya infeksi saluran kemih (ISK). Ada dua jenis ISK yaitu ISK bagian atas dan ISK bagian bawah (sistitis). Pada ISK bagian atas kuman menyebar lewat saluran kencing, ginjal, dan bahkan seluruh tubuh. Dampak lanjutannya penderita akan mengalami infeksi ginjal dan urosepsis. Itu sebabnya penyakit tersebut tidak boleh dianggap remeh.
Meski begitu, sebenarnya toilet umum bukanlah biang utama 'nyebab terjangkitnya infeksi maupun gangguan kesehatan lainnya.
toilet hanyalah media penularan kuman. Kuman di area toilet umum r.tru asalnya dari pengguna itu sendiri. Masih rendahnya kesadaran ^uersihan dengan membiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan toilet umum adalah salah satu penyebabnya, bisa saja penyebarannya melalui tisu, air, atau dudukan toilet yang kemudian digunakan oleh orang lain.
Memakai air dengan shower/semprot lebih aman digunakan daripada air yang ditampung di bak mandi atau ember. Menurut penelitian, air yang tergenang di toilet umum mengandung 70% jamur Candida. Air yang mengalir dari keran di toilet umum hanya menyimpan 10-20% jamur. Dan jangan lupa cuci tangan setelah buang air.

Author

Bahaya Toilet ditempat umum
Posted by Intan Nurianti For : Infoduniaini , Updated at: Jumat, September 07, 2012
Isi Blog ini merupakan referensi dari banyak sumber, sengaja dishare agar pengetahuan kita bertambah.

Description: Bahaya Toilet ditempat umum Rating: 4.5 Reviewer: 19 Review Item Reviewed: Bahaya Toilet ditempat umum

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Apa pendapatmu mengenai ini?

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sub Download Sub II | Download On Android - Premium Blogger Themes | Facebook Themes