Pengaruh Perputaran Modal Kerja pada perusahaan

Modal kerja merupakan salah satu faktor penting dalam perusahaan. Modal kerja adalah aktiva lancar yang mudah diuangkan dan dipergunakan untuk kegiatan operasional perusahaan sehari-hari. Jumlah modal kerja yang baik dalam suatu perusahaan adalah jumlah modal kerja yang cukup atau sesuai dengan jumlah dana yang dibutuhkan perusahaan untuk membiayai aktivitas operasionalnya. Modal kerja yang telah dikeluarkan diharapkan dapat kembali masuk menjadi kas perusahaan dalam jangka waktu yang pendek, lalu segera dipergunakan lagi untuk membiayai operasional perusahaan. Demikian modal kerja akan berputar terus menerus selama perusahaan itu hidup. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja terhadap rentabilitas perusahaan. Apakah jumlah modal kerja memiliki hubungan dan pengaruh dalam meningkatkan rentabilitas. Penelitian yang dilakukan penulis adalah pada Semen Gresik Tbk dan PT. Holcim Indonesia Tbk.

Hasil penelitian dengan rasio modal kerja dan rasio rentabilitas menunjukkan bahwa pada 5 periode yaitu tahun 2006 sampai dengan 2010, PT. Semen Gresik Tbk dan PT. Holcim Indonesia Tbk sudah efisien dalam mengelola modal kerjanya. Hal ini dibuktikan dengan perputaran modal kerja yang semakin meningkat maka laba perusahaan pun ikut meningkat.

Hubungan dan pengaruh relatif signifikan tiap tahunnya, menunjukkan bahwa turun naiknya jumlah modal kerja dan perputaran modal kerja akan mempengaruhi laba dan rentabilitas. Jika perputaran modal kerja naik maka laba yang dihasilkan akan mengalami peningkatan, begitu juga sebaliknya jika perputaran modal kerja menurun maka rentabilitas akan mengalami penurunan pula. Oleh karena itu sebaiknya pengelolaan jumlah modal kerja pada PT. Semen Gresik Tbk dan PT. Holcim Indonesia tetap dipertahankan namun PT. Semen Gresik Tbk dan PT. Holcim Indonesia harus lebih efisien dalam biaya sehingga tingkat rentabilitas perusahaan mengalami kenaikan(http://lib.stiekesatuan.ac.id/index.php?p=show_detail&id=6694)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Crows Zero Film geng sekolah

Kebangkitan ekonomi korea selatan

Facebook ngechat / kirim pesan sendiri, virus bahaya.