Senin, Desember 19, 2011

Sistem biaya dan akuntansi biaya dalam keuangan

Posted by: Intan Nurianti
Berbagi Ilmu, Updated at: Senin, Desember 19, 2011

Biaya dalam Hubungannya dengan Departemen Pabrik
Bagian pabrik dapat dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu departemen produksi (producing department) dan departemen jasa/pelayanan/pembantu (service department). Departemen produksi merupakan suatu bagian dalam pabrik yang mempunyai hubungan langsung dengan proses pembentukan produk. Biaya yang terjadi dalam departemen ini dapat langsung dibebankan pada harga pokok produk yang dihasilkan dalam departemen tersebut. Sedangkan departemen jas adalah bagian pabrik yang bersifat memberikan pelayanan atas kelancaran produksi yang berlangsung dalam departemen produksi.

Biaya dalam Hubungannya dengan Periode Produk Akuntansi
Biaya yang terjadi ada yang dibebankan pada periode terjadinya, dan ada pula yang dialokasikan ke beberapa periode berikut. Dalam hubungannya dengan periode pembebanan ini (periode akuntansi), biaya dapat diklasifikasikan menjadi pengeluaran modal (capital expenditure) dan pengeluaran pendapatan (revennue expenditure). Pengeluaran modal adalah pengeluaran yang dikapitalisir, artinya pengeluaran yang ditangguhkan pembebanannya. Pengeluaran ini adalah apa yang disebut dengan harga pokok yang membentuk atau yang dianggap sebagai aktiva. Pengeluaran modal akan dibebankan terhadap penghasilan pada beberapa periode akuntansi melalui alokasi. Sedangkan pengeluaran pendapatan adalah pengeluaran yang dianggap langsung sebagai beban dan mengurangi pendapatan pada periode akuntansi di mana pengeluaran tersebut terjadi.

biaya dalam hubungannya dengan keputusan
Keputusan yang diambil manajemen meliputi berbagai macam dan jangka waktu, misal keputusan dalam kegiatan operasi rutin atau keputusan yang diambil dalam masalah-masalah khusus. Pengambilan keputusan rutin pada umumnya terjadi dan berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan operasi perusahaan yang bersifat teratur dan rutin. Pengambilan keputusan khusus pada umumnya bersifat tidak teratur waktu terjadinya dibandingkan dengan keputusan operasi perusahaan secara periodik, bersifat khusus dan bahkan luar biasa.
Pengambilan keputusan khusus banyak jenisnya, yang akan dibahas dalam bab ini adalah pengambilan keputusan khusus yang berkaitan dengan :
1. Menerima atau menolak pesanan penjualan khusus
2. Pengurangan atau penambahan jenis produk atau departemen
3. Membuat sendiri atau membeli dari luar suatu komponen
4. Menyewakan atau menjual/memakai sendiri fasilitas perusahaan
5. Menjual atau memproses lebih lanjut hasil produksi


Author

Sistem biaya dan akuntansi biaya dalam keuangan
Posted by Intan Nurianti For : Infoduniaini , Updated at: Senin, Desember 19, 2011
Isi Blog ini merupakan referensi dari banyak sumber, sengaja dishare agar pengetahuan kita bertambah.

Description: Sistem biaya dan akuntansi biaya dalam keuangan Rating: 4.5 Reviewer: 19 Review Item Reviewed: Sistem biaya dan akuntansi biaya dalam keuangan

Artikel Terkait:

3 komentar:

automation mengatakan...

wah terima kasih nih mbak, aku jadi banyak belajar menerapkan akuntansi nih ($_$)

hardness tester mengatakan...

akuntansi banyak juga penerapannya nih untuk sistem biaya, terima kasih ya(0-0)_p

timbangan digital mengatakan...

akuntansi akuntansi bikin pusing euy (*0*)/

Posting Komentar

Apa pendapatmu mengenai ini?

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sub Download Sub II | Download On Android - Premium Blogger Themes | Facebook Themes