Sabtu, Desember 24, 2011

Pentingnya liburan untuk keluarga

Posted by: Intan Nurianti
Berbagi Ilmu, Updated at: Sabtu, Desember 24, 2011

Maanfaat liburan bagi keluarga sangatlah banyak, salah satunya adalah untuk mempererat hubungan antar keluarga baik hubungan ayah dan ibu anak dan ayah, ataupun ibu dengan anak, untuk itulah jangan menyia nyiakan liburan untuk berdiam diri dirumah, gunakanlah liburan dengan sebaik mungkin tentu saja dengan perencanaan yang matang, berikut ada sedikit tips-tips menarik agar liburan berjalan dengan mulus dan memberikan manfaat

1. Rencanakan dari Jauh-jauh Hari
Sebelum memesan transportasi dan penginapan, pikirkan dulu pengalaman yang ingin Anda dapatkan dari liburan kali ini. Pertimbangkan juga apa yang sekiranya disukai semua anggota keluarga dan kegiatan apa yang bisa dinikmati keluarga selama liburan di sana. Lakukan sedikit riset; minta rekomendasi pada teman, temui agen-agen travel atau cari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat liburan lewat internet untuk membantu membuat keputusan. Setelah keputusan dibuat, Anda bisa mencari tahu lebih banyak lagi tentang hal-hal dan fasilitas menarik yang menawarkan kesempatan untuk edukasi selama berada di sana.

2. Buat Jadwal Kegiatan

Begitu tahu fasilitas apa saja yang ditawarkan, buatlah rencana perjalanan dengan mem-booking aktivitas dan kegiatan tertentu selama Anda di tempat liburan. Lalu tuliskan jadwal kegiatan Anda dan usahakan tetap mengacu pada jadwal tersebut. Dengan begitu, program liburan dan edukasi bisa berjalan bersamaan dengan lancar.

3. Mulailah Edukasi Sejak dalam Perjalanan

Anda tidak perlu menunggu sampai di tempat tujuan liburan untuk memberikan edukasi. Dalam perjalanan, Anda bisa mendiskusikan tentang metode transportasi yang digunakan kepada sang anak atau kondisi geografis tempat liburan yang dituju. Anda juga bisa mengajak anak untuk ikut melakukan riset dan merencanakan kegiatan liburan.

4. Minta Penjelasan

Setelah sampai di tempat tujuan, temuilah pemandu wisata --jika Anda menyewa jasa agen travel-- atau ajukan beberapa pertanyaan mengenai tempat yang akan Anda tinggali. Mereka bisa memberitahu informasi tentang aktivitas terbaik untuk edukasi anak, dimana Anda dan keluarga bisa berpartisipasi di dalamnya. Kumpulkan leaflet atau brosur tentang atraksi yang berbeda-beda, perlihatkan pada anak-anak dan biarkan mereka memutuskan ingin datang ke mana.

5. Kegiatan

Pastikan kegiatan yang diikuti menyenangkan sekaligus bisa mengedukasi anak. Misalnya kegiatan rutin museum setempat, pertunjukan di kebun binatang, suaka margasatwa, atau mungkin tempat observatorium. Mintalah bantuan tour guide untuk menjelaskan berbagai hal yang ingin Anda atau sang anak ketahui.
Author

Pentingnya liburan untuk keluarga
Posted by Intan Nurianti For : Infoduniaini , Updated at: Sabtu, Desember 24, 2011
Isi Blog ini merupakan referensi dari banyak sumber, sengaja dishare agar pengetahuan kita bertambah.

Description: Pentingnya liburan untuk keluarga Rating: 4.5 Reviewer: 19 Review Item Reviewed: Pentingnya liburan untuk keluarga

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

Apa pendapatmu mengenai ini?

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sub Download Sub II | Download On Android - Premium Blogger Themes | Facebook Themes