Kamis, November 24, 2011

pekerjaan yang membuat kita sulit

Posted by: Intan Nurianti
Berbagi Ilmu, Updated at: Kamis, November 24, 2011

Meja kerja dengan berbagai kertas kerja yang berantakan atau file di komputer yang tidak tertata rapi ibarat macan kertas sedang mengamuk yang belum Anda jinakkan.
“Taming The Paper Tiger” (Menjinakan Macan Kertas) adalah buku klasik yang terbit di era tahun 90 an. Buku karya Barbara Hempill ini dengan sistematis menjelaskan berbagai cara yang sudah terbukti efektif dalam mengatur dengan rapih berbagai barang barang dan kertas kerja Anda serta bukan sebaliknya malah barang barang dan kertas kerja tersebut yang mengatur waktu Anda karena sibuk mencari cari barang atau kertas yang tidak tertata rapi bahkan malah mencarinya diantara tumpukan kertas yang dianggap penting namun sebenarnya belum dibutuhkan saat itu .
Kenapa barang barang atau kertas kerja itu sebaiknya harus tertata rapih ?. Barbara dalam salah satu webnya menjelaskan bahwa berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brother International- Amerika Serikat pada tahun 2010 menjelaskan bahwa meja yang berantakan dan waktu yang habis digunakan untuk mencari barang barang yang tidak pada tempatnya telah merugikan perusahaan perusahaan di Amerika sebesar 177 Milyar US Dollar per tahunnya. Hal tersebut juga setara dengan kehilangan waktu kerja selama 2 minggu. Lagi pula bagi kita pribadipun tentunya ingin setiap pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien hingga dapat diselesaikan dengan cepat dan benar kan ?.

Barbara memulai tips untuk menjinakan macan kertas yang mengamuk di meja kerja Anda (dalam bentuk tumpukan kertas atau barang yang berserakan) dengan 4 pertanyaan dasar :
· Apakah saya benar benar butuh untuk menyimpan kertas kerja atau barang ini ?
· dimana sebaiknya saya harus menyimpan kertas kerja atau barang ini ?
· Sampai berapa lama sebaiknya saya harus terus menyimpan kertas kerja atau barang ini ?
· Semudah apa nantinya saya dapat menemukan tempat penyimpanan kertas kerja atau barang ini ketika sedang membutuhkan ?
Selanjutnya Barbara memberikan solusi dengan sistem manajemen kertas kerja yang tujuan utamanya adalah :
· Menyingkirkan kertas kerja yang tidak diperlukan
· Hindari menggunakan kertas kerja yang tidak diperlukan
· Membuat tempat khusus penyimpana kertas kerja atau barang yang benar benar penting
· Membuat metode pengarsipan kertas kerja Anda sehingga menjadi lebih mudah dicari apabila diperlukan.
Di era digital ini Barbara pun lebih menganjurkan untuk menggunakan kertas digital (file dalam bentuk pdf atau format lainnya) yang bisa diarsipkan dalam computer Anda sehingga berdampak pada penghematan kertas kerja.
Ayo taklukan macan kertas yang mengamuk di meja Anda dengan membereskan dan mengatur kertas kerja di meja / file di computer dan meletakan kertas kerja diatas meja atau membuka file di layar komputer hanya yang memang akan segera Anda kerjakan saat itu dan yang belum akan dikerjakan saat itu masuk arsip atau kotak dulu ya. disamping tidak enak dipandang juga bikin sedikit stress melihat tumpukan pekerjaan yang belum selesai di depan kita. Satu satu saja dulu diselesaikan, pada akhirnya semuanya selesai juga kan.
[source]
Author

pekerjaan yang membuat kita sulit
Posted by Intan Nurianti For : Infoduniaini , Updated at: Kamis, November 24, 2011
Isi Blog ini merupakan referensi dari banyak sumber, sengaja dishare agar pengetahuan kita bertambah.

Description: pekerjaan yang membuat kita sulit Rating: 4.5 Reviewer: 19 Review Item Reviewed: pekerjaan yang membuat kita sulit

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Apa pendapatmu mengenai ini?

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sub Download Sub II | Download On Android - Premium Blogger Themes | Facebook Themes