Jumat, November 04, 2011

Cara Mudah Mengingat nama orang

Posted by: Intan Nurianti
Berbagi Ilmu, Updated at: Jumat, November 04, 2011



Betapa dahsyat dampak positif jika kita mampu mengingat nama sebanyak-banyaknya orang yang pernah kita kenal. Siapa pun! Entah ia seorang atasan, public figure, rekan bisnis, teman kantor, tukang ojek, tukang parker dll. Keajaiban mengingat nama akan sangat terasa saat anda menjadi seorang tokoh terkenal dalam masyarakat. Perhatikanlah hal yang sering dianggap kecil ternyata bisa menjadi jantung dari bisnis anda. Begitupun dengan hal kecil seperti mengingat nama orang lain. Cakap mengingat nama orang bisa mendatangkan rezeki buat aWilliam Shakespeare pernah berkata "Apalah arti sebuah Nama?" Saya menjawab "No Sir ... nama sangat mempunyai arti !" Nama bisa jadi adalah sebuah do'a yang diberikan orang tua kepada anaknya. Lantas ... Seberapa pentingkah mengingat nama?
Pertanyaan yang gampang namun belum tentu semua orang bisa menjawabnya. Mengingat nama atau wajah adalah hal yang memalukan sekaligus merugikan. “Apa gak ada kerjaan lain selain mengingat nama?” begitu mungkin salah satu jawaban orang yang apatis. Namun gara-gara lupa nama anda bisa dicap pelupa atau sombong. Gara-gara lupa nama, perusahaan bisa kehilangan calon konsumen, bahkan bisa menderita kerugian.
Cukup dengan 5 cara sederhana yang bisa diterapkan ketika berkenalan. Aturan ini mendasarkan pada kenyataan bahwa nama adalah salah satu milik paling berharga dari seseorang. Buktinya, kebanyakan orang senang jika mendengar namanya diucapkan orang lain. Maka, bukanlah hal yang memalukan untuk meminta lawan bicara mengulang penyebutan namanya
  1. Pastikan Anda mendengar seseorang menyebutkan nama dengan cukup jelas. Jika Anda tak yakin akan tulisannya, cobalah untuk mengeja. Jika benar, akan membuat senang si pemilik nama. Jika salah, dia pasti akan membetulkan. Cara ini akan “memaksa” Anda memasukkan nama lawan bicara ke dalam memori Anda.
  2. Mintalah yang bersangkutan mengeja namanya. Jika ada hal aneh dalam nama itu, atau mengingatkannya pada nama seseorang atau bahkan Anda belum pernah mendengar nama itu sebelumnya, jelaskanlah. Satu atau dua keterangan akan mempermudah masuk ke dalam memori Anda. Misalnya, nama Sugiharto dipisah menjadi “Sugih” (kaya) dan “arto” (uang), nama Rano dipisah menjadi “Ran/Run” dan “no”, nama Pingkan dipisah menjadi “pink” (artinya merah jambu) dan “an”.
  3. Jelaskan apa pun yang Anda ketahui perihal nama lawan bicara, misalnya mengingatkan nama Dewi kepada “Dewi Sri” atau “Dewi Fortuna”, nama Sandra dengan “sandera”. Dalam hal ini anda harus pegang keyword yang mudah diingat.
  4. Setelah terjadi pembicaraan, sebutkan nama itu sesering mungkin menurut keperluan.
  5. Di akhir pembicaraan, sebutkan nama saat perpisahan.

Jika cara-cara di atas Anda jadikan kebiasaan, seaneh dan sesulit apa pun nama baru Anda temui, tak lagi jadi persoalan berarti. Semoga dengan bisa mengingat nama orang bisa mendatangkan rezeki buat anda.
Mengingat betapa pentingnya sebuah nama, tampaknya William Shakespeare harus menarik ucapannya. Nama itu ibarat pintu gerbang. Masuklah ke pintu gerbang itu dengan mengingat nama orang lain dan temukan kebaikan hati merekanda

Author

Cara Mudah Mengingat nama orang
Posted by Intan Nurianti For : Infoduniaini , Updated at: Jumat, November 04, 2011
Isi Blog ini merupakan referensi dari banyak sumber, sengaja dishare agar pengetahuan kita bertambah.

Description: Cara Mudah Mengingat nama orang Rating: 4.5 Reviewer: 19 Review Item Reviewed: Cara Mudah Mengingat nama orang

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Apa pendapatmu mengenai ini?

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sub Download Sub II | Download On Android - Premium Blogger Themes | Facebook Themes