Bahaya Penggunaan proxy saat browsing

tahukah kamu bahwa penggunaan proxy itu tidak sepenuhnya aman? ya itu memang benar sebab proxy merupakan server yang berfungsi mewakili request yang ingin diteruskan ke Internet, sehingga jika ada request yang tidak diperbolehkan oleh proxy server yang memang sudah diset agar tidak me redirect beberapa request ke Internet, maka akan langsung diputuskan(DC), oleh proxy server
Biasanya proxy digunakan di kantor, perusahaan, yang hanya memperbolehkan karyawannya agar mengakses site yang berbau positif.
sehingga apabila kita login melalui web proxy maka beginilah yang terjadi
 
Nah saat  informasi dikirimkan melalui proxy maka secara otomatis informasi yang dikirimkan tersebut harus melewati server proxy terlebih dahulu, baru bisa tembus ke internet.
Dalam analisa traffic di atas jelas terlihat bahwa data credentials saya (username dan password) selalu dikirimken ke vtunnel, bukan ke multiply. Memang begitulah cara kerja HTTP proxy/tunnel, istilahnya adalah Man in The Middle.
Bahaya Man in The Middle tidak hanya ketika melakukan request, namun response juga sama saja. Singkatnya, response adalah apa yang anda terima dari server anda, bisa berupa file yang saya download, atau halaman web yang saya baca. Semua itu dikirimkan dari multiply bukan ke saya, namun ke vtunnel dulu, baru kemudian diteruskan ke saya.
Dalam artikel ini saya hanya membahas contoh vtunnel dan multiply hanya sebagai contoh saja, sebenarnya semua http proxy bekerja dengan cara yang sama. Ketika anda melakukan login melalui proxy, maka data rahasia anda akan dilewatkan melalui proxy anda.

Postingan populer dari blog ini

Crows Zero Film geng sekolah

Kebangkitan ekonomi korea selatan

Facebook ngechat / kirim pesan sendiri, virus bahaya.