Vertebrata terkecil.

Vertebrata terkecil.

Sejenis ikan kerdil yang disebut stout infantfish ditetapkan sebagai hewan bertulang belakang paling mungil dan paling ringan sedunia. Bagaimana tidak tubuhnya hanya memiliki panjang sekitar 7 milimeter, kira-kira berat ikan ini berapa gram ya?
ikan ini hidup disekitar perairan Great Barrier Reef, Australia, hewan ini hidup dengan memangsa plankton dan lumut, setiap bulannya dapat menghasilkan ribuan telur, tetapi sebagian besar bayi-bayi ikan ini banyak dimangsa oleh ikan-ikan yang lebih besar, jadi hanya sebagian saja yang dapat hidup.
walaupun demikian populasinya tetaplah besar karna satu ikan saja dapat menghasilkan ribuan telu bagaimana kalau ada seribu ikan?, ada jutaan telur yang akan menetas setiap bulannya.
diperairan negara kita juga tidak kalah loh!, ada juga ikan yang lumayan kecil yang hidup di rawa-rawa gambut di Pulau Sumatera yaitu ikan paedocypris progenetica yang memiliki panjang 7,9 milimeter. Untuk itulah kita harus menjaga kelestarian perairan negara kita agar sepesies ikan yang langka dan unik tidak punah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Crows Zero Film geng sekolah

Kebangkitan ekonomi korea selatan

Facebook ngechat / kirim pesan sendiri, virus bahaya.